Pages

Senin, 31 Oktober 2011

UMUR PANJANG BISA DIWARISKAN

Para peneliti menemukan, memblokir atau memodifikasi satu dari tiga protein kunci dalam DNA dapat meningkatkan lama hidup hewan dan keturunannya. meskipun modifikasi terhadap sel asli tidak lagi ada dalam DNA keturunannya. Temuan pertama didunia ini menunjukkan umur panjang bisa diwariskan dengan cara nongenetik selama beberapa generasi.
“penelitian ini berkaitan dengan gagasan pewarisan sifat – sifat yang hampir sesat kerena lama dipasung hukum mendel. Melalui penelitian ini, kami menunjukkan pewarisan umur panjang terjadi pada cacing gelang melalui pengubahan protein tertentu,” kata professor genetika, Anne Brunet, Ph.D., penulis utama penelitian, seperti dikutip sciencenews.com selasa (25-10).
Anne Brunet yang dibantu Eric Greer dari universitas Stanford menemukan specimen cacing gelang yang hidup 20%-30% lebih lama. Cacing berumur panjang ini mengalami mutasi yang mengganggu kemampuan protein DNA yang membantu mengontrol aktivitas gen.
Pertanyaannya, apakah pengubahan protein DNA tersebut bisa diwariskan efeknya? Greer merancang percobaan untuk mengetahui apakah cacing tidak memiliki mutasi pada gen nya, tetap bisa mewarisi hidup panjang. Tapi ternyata hidup lebih lama bisa diwariskan setidaknya selama tiga generasi, meskipun keturunan cacing tidak lagi mengalami perubahan DNA yang menyebabkan perpanjangan masa hidup.
Andai bisa diterapkan pada manusia???

0 komentar:

Posting Komentar

This is it!

Unlimited Credit Card Balance